Install Vista lewat USB FlashDisk

Standar

Selain menggunakan media DVD Windows Vista juga bisa diinstall lewat USB Flash disk, dengan usb Flash disk ini mempunyai kelebihan diantaranya kecepatan proses instalasi menjadi lebih cepat, dan kemungkinan file susah dibaca karena tergores menjadi tidak ada

Hal pertama yg harus dilakukan adalah cari USB Flash disk yang memiliki kecepatan baca di atas rata-rata. Flashdisk yang pernah saya coba adalah, Kingstone, Trend, Toshiba, MyFlash. Flash disk ini diklaim memiliki kecepatan baca lumayan bagus. Untuk kapasitasnya, cari yang berkapasitas 4 GB, karena file instalasi yang ada di DVD Vista mencapai hampir 3 GB.

Selanjutnya adalah memformat USB flash disk tersebut. Proses format ini harus dilakukan dari dalam command prompt yang ada di Windows Vista. Jika Anda coba dari Windows versi lainnya, maka tidak akan berhasil. untuk itu lakukan di komputer lain ang telah terintsal Vista. Klik Start Menu, All Programs, Accessories, Command Prompt.

Dengan komposisi sebuah harddisk dan sebuah USB flash disk, maka kami asumsikan bahwa USB flash disk tersebut dialamatkan sebagai disk 1, dan harddisk sebagai disk 0. Tuliskan perintah-perintah ini pada command promt.

• Diskpart.

• select disk 1.

• clean.

• create partition primary.

• select partition 1.

• active.

• format fs=fat32.

• assign.

Sampai di sini berhenti dulu, tetapi jangan tutup command prompt nya. Berikutnya masukkan DVD installer Vista, atau jika Anda memiliki file iso nya, mount menggunakan aplikasi CD/DVD virtual. Dan di command prompt tulis perintah

xcopy [drive cd]:\*.* /s/e/f [drive flashsdisk]:\
contoh :
xcopy d:\*.* /s/e/f e:\

Huruf d di awal adalah lokasi DVD-ROM, dan huruf e di akhir adalah lokasi USB flash disk. Sesuaikan kedua parameter tersebut dengan lokasi DVD dan USB flash disk Anda. Proses ini adalah proses peng-copy-an semua konten DVD installer tersebut ke dalam USB flash disk.

Sesudah semua ter-copy ke dalam USB flash disk, restart PC, atur di BIOS agar booting pertama dilakukan dari USB flash disk. Langkah berikutnya sama seperti proses instalasi seperti biasa. Terbukti kan, kalau proses instal lewat USB flash disk lebih cepat? Jika instal melalui DVD akan memakan waktu setengah jam lebih, maka lewat USB flash disk akan memakan waktu sekitar 20 menitan, bahkan kurang. Yang membuat lama mungkin saat proses yang membutuhkan interaksi dari user, seperti memasukkan nama atau memilih sesuatu. Proses instalasi Vista melalui USB ini akan menjadi lebih cepat lagi, apabila hardware-nya memiliki kemampuan lebih. Misalnya, harddisk dari PATA diganti menjadi SATA, memory ditambah, atau USB flash disk-nya memiliki kecepatan baca yang lebih tinggi lagi.

selamat mencoba..

2 thoughts on “Install Vista lewat USB FlashDisk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s