Membuat Radio Streaming

Standar

Pada era internet sekarang ini Radio tidak hanya dipancarkan lewat sinyal analog pada frekwensi AM dan FM, tetapi radio internet juga bisa dipancarkan melalui media internet, bila anda berniat men-share koleksi mp3 anda dengan rekan-rekan anda, anda bisa membuat radio streaming dengan beberapa langkah mudah menggunakan shoutcase DNAS server

1. Instal Shoutcast DNAS Server
Untuk membuat radio pribadi, Anda dapat memulai dengan menginstal aplikasi Shoutcast DNAS server yang merupakan sebuah aplikasi pendukung streaming multimedia besutan Nullsoft. Anda dapat mendapatkannya dengan men-download di http://www.shoutcast.com tanpa dipungut biaya. Instal dan ikutilah semua petunjuk instalasinya. Jika Anda bertemu opsi untuk menginstal jenis interface server-nya, centanglah (P) semua opsi yang diberikan yaitu Server (GUI Version), Server (Console Version), dan DNAS Config files and README. Tempatkan di dalam folder yang mudah terjangkau agar mudah pengaksesannya.

2. Instal Winamp DSP Plugin
Setelah selesai dengan DNAS server, langkah selanjutnya adalah menginstal Winamp DSP Plugin yang merupakan kunci untuk mem-broadcast lagu-lagu Anda. Anda dapat men-download-nya di http://www.shoutcast.com. Sebelumnya pastikan saja program Winamp Anda merupakan versi yang terbaru. Setelah itu, installah plug-in ini dan ikuti petunjuknya. Jika sampai pada menu pilihan, centanglah (ü) semua opsi yang ada, atau pilih saja opsi default dari menu drop down yang ada. Ikuti terus petunjuknya hingga plug-in selesai diinstal.

3. Konfigurasi File sc_serv.ini
Selanjutnya Anda dapat mengonfigurasi DNAS server yang telah diinstal tadi dengan mengedit sebuah file yang bernama sc_serv.ini. Untuk mengeditnya, bukalah Start| Program|Shoutcast DNAS server|Edit Shoutcst DNAS configuration. Dalam file ini, Anda akan menemukan banyak pernak-pernik yang dapat Anda konfigurasi. Beberapa poin yang perlu di perhatikan adalah pengaturan MaxUser untuk mengatur banyaknya pengguna yang dapat terkoneksi, Password untuk administrasi yang harus diubah, dan PortBase untuk menentukan port apa yang ingin digunakan untuk proses broadcasting. Selain parameter di atas, masih banyak lagi parameter opsional yang dapat Anda atur.

4. Konfigurasi DSP Plug-in
DSP plugin yang diinstal tadi dapat dikonfigurasi dengan  membuka program Winamp. Tekan CTRL+P, maka akan terbuka Winamp Preference. Pilih opsi DSP/Effect dan Anda akan menemukan DSP plugin yang diinstal tadi dengan nama Nullsoft Shoutcast source DSP v1.8.2b. Klik plug-in ini, maka akan terbuka menu konfigurasinya. Atur Encoder dengan mengklik Encoder tab. Gunakan Encoder 2, atur encoder type menjadi MP3 encoder, dan encoder setting menjadi 128 Kbps, 44.100 KHz, Stereo. Setelah selesai, kliklah Output tab dan sub-tab Connection. Pastikan Address-nya berisi localhost, Port berisi 8000 dan Password terisi sesuai dengan yang Anda atur dalam sc_serv.ini. Setelah selesai biarkan saja window ini terbuka.

5. Jalankan File sc_serv.exe
Setelah selesai dengan semua konfigurasi di atas, selanjutnya jalankanlah program sc_serv.exe yang sudah dikonfigurasi tadi. Anda dapat menjalankannya dengan mengklik Start| Program|Shoutcast DNAS|Shoutcast DNAS (Console) atau (GUI). Setelah diklik, maka akan terbuka sebuah window yang isinya berupa console DOS. Di dalamnya Anda dapat melihat status dari Shoutcast DNAS server Anda ini. Berapa user yang terkoneksi, port berapa yang digunakan, dan banyak lagi informasi lainnya. Setelah terbuka dan berjalan dengan baik tanpa error, maka DNAS server sudah berjalan.

6. Buka Koneksi Winamp ke DNAS
Satu tahap lagi untuk membuat lagu-lagu Anda online adalah dengan mengoneksikan Winamp Anda ke DNAS server agar proses streaming dapat berjalan. Untuk itu, Anda perlu kembali ke window konfigurasi DSP plugin. Setelah Anda tiba di sana, kliklah tab Output kemudian klik tombol Connect yang ada pada bagian kanan. Setelah itu, Anda akan melihat lagu-lagu Anda siap untuk dikirim pada kolom status. Dan jika Anda masuk ke dalam tab Main, maka Anda akan melihat Input level dan juga status streaming-nya. Mainkanlah lagu-lagu Anda di Winamp, maka teman-teman Anda juga dapat mendengarkan lagu tersebut secara bersamaan.

7. Lagu-lagu Anda Siap Dinikmati
Untuk dapat menikmati lagu-lagu Anda, berikanlah URL PC Anda kepada para teman. URL Anda akan berformat http:// IP Anda>:. Jadi misalnya PC Anda menggunakan IP 10.10.10.2 dan menggunakan port 8000, maka URL Anda menjadi http://10.10.10.2:8000. Ketika URL ini dibuka di browser, maka akan tampak halaman status DNAS server Anda. Untuk mulai mendengarkan, cukup klik link Listen yang ada pada halaman ini. Seketika itu juga maka akan ter-download sebuah file playlist yang biasanya diberi nama listen.pls. Bukalah playlist ini pada Winamp dan klik Play, maka Anda dan teman-teman dapat menikmati lagu bersama-sama. Anda bagaikan memiliki sebuah stasiun radio pribadi.

4 thoughts on “Membuat Radio Streaming

  1. wahyu

    Trims tutorialnya mas
    ada pertanyaan nih :
    1. Kalau konfigurasi user max nya dirubah (misal dari 32 jadi 100) bisa apa tidak? pengaruhnya apa?
    2. apa beda pake local hosting dan server hosting spt listen2myradio

    Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s