Browsing internet dengan GPRS IM3

Standar

JIka anda membutuhkan koneksi internet mobile kapan saja dan dimana saja, anda bisa memanfaatkan layanan GPRS lewat HP anda. Saat ini, hampir semua operator yang menawarkan layanan GPRS sudah sangat banyak dan biaya yang ditawarkan juga cukup ringan. bahkan diantaranya ada yang gratis, yang akan kita bahas sekarang adalah menggunakan layanan dari im3, kenapa Im3?,  karena setahu penulis proses pengaktifan nya tergolong mudah dan  harga yang ditawarkannya tergolong murah, dengan pilihan berdasarkan Durasi dan Volume pemakaian

Yang perlu Anda ketahui tinggal bagaimana menghubungi komputer atau notebook Anda dengan layanan tersebut. Prosesnya sangat mudah dan simpel, tidak jauh berbeda dengan menggunakan modem biasa. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja petunjuk berikut ini.

1. Aktifkan GPRS dan atur koneksi pada ponsel

Untuk mendapatkan layanan GPRS, satu hal yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan nomor Anda terlebih dahulu pada operator ponsel yang digunakan. Caranya  adalah dengan menghubungi customer service operator ponsel Anda atau mendatangi gerai terdekatnya, atau untuk mengaktifkannya dari ponsel anda cukup ketik GPRS (merek HP) (type HP) dan kirim 3000,  Setelah selesai mendaftarkan nomor Anda, maka biasanya anda akan menerima settingan konfigurasi untuk ponsel anda  (catatan : apabila ponsel anda mendukung OTA )

2. Atur Koneksi pada Komputer
Dengan apa ponsel Anda ingin dihubungkan pada komputer? Jika ingin menggunakan kabel data, maka pastikan kabel datanya telah sesuai dengan kebutuhan dan dapat dikenali oleh komputer . Jika belum dikenali, maka lakukan proses penginstalan driver yang sesuai. Saat ini, sudah banyak ponsel yang telah dilengkapi dengan koneksi wireless, seperti infra merah dan Bluetooth. Bagi Anda yang ingin menggunakan koneksi tersebut, maka sebaiknya menginstal terlebih dahulu peralatan (Bluetooth atau infra merah adapternya) yang digunakan.

3. Hubungkan Komputer dengan Ponsel
Setelah layanan GPRS pada ponsel sudah dapat digunakan dan peralatan yang menghubungi antara ponsel dan notebook/PC  telah terpasang dengan baik, maka mulailah mengaktifkan koneksi-koneksi tersebut.  Ada hal yang perlu diingat jika koneksi yang digunakan berupa hubungan tanpa kabel, yaitu jarak. Pastikan ponsel masih dalam jangkauan komputer. Jika menggunakan Bluetooth mungkin jarak dapat lebih jauh, namun jika menggunakan hubungan infra merah, maka jarak tidak dapat terlalu jauh. Selain itu, jika menggunakan infra merah, maka antara infra red port pada ponsel dan komputer harus bertatap muka.

4. Instal Modem
Jika sudah terhubung antara keduanya, maka langkah selanjutnya adalah penginstalan modem. Caranya tergantung jenis koneksi yang digunakan, apabila menggunakan Kabel data, maka modem sudah terpasang secara otomatis pada saat pengintslan driver kabel data tersebut.
Apabila menggunakan Bluetooth, maka biasanya menu koneksi telah disediakan pada software bawaan bluetooth (Bluesolei, Widcomm,Generic)

5. Buat Sambungan Baru
Setelah modem terpasang, maka buatlah sambungan baru yang menggunakan modem tersebut. Caranya yaitu dengan memilih Network Connection pada Control panel. Lalu, dalam Network Connection pilih Create a new Conection. Lalu ikuti langkah-langkah yang dituntun komputer Anda. Pada awal, pilih connect to Internet, lalu pilih Setup my connection manually, selanjutnya pilih Connect using dial up modem. Kemudian masukkan nama operator dan diikuti dengan property login seperti nama, password, dan nomor teleponnya.

Nama                         :  indosat (pulsa standar dihitung perkilobyte)
indosat@durasi (pulsa GPRS  dihitung berdasar durasi waktu)
Paswword                : dikosongkan
Nomor dialup        : *99***1#

lalu cobalah koneksi anda, apabila ketika dialup terdapat pesan PPP Link… maka ada 1 pengaturan yang perlu anda masukan yaitu:

a. Klik kanan my computer dari desktop anda, lalu properties
b. Lalu pilih tab Hardware –> Device Manager, –> Modem
c. Pilih Dialup modem klik kanan properties dan pilih tab Advance
d. Pilih Extra initialization command dan masukan nilai AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”,    lalu apply

Selamat mencoba
theries

5 thoughts on “Browsing internet dengan GPRS IM3

  1. Sigit Cristian

    cukup menarik…..tpi……ada 1 lagi yang tergolong murah dan cepat serta easy dalam menseting…..ta da lain adlah smart….nmun jaringan ini belum tersebar secara luas…masih di area kota-kota tertentu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s